Kuliah Umum Spa Kaki Sebagai Manajemen Komplikasi Diabetes Mellitus

02/03/2020 502 view 0 komentar


Mahasiswa Akademi Keperawatan Malahayati Medan melaksanakan kuliah umum bertema: Spa Kaki Sebagai Manajemen Komplikasi Diabetes Mellitus dengan Narasumber Bapak Ns. Ismayadi, S.Kep, M.Kes, CWCC, CHt, CI. Kegiatan berlangsung pada hari Sabtu (29/02/2020) di Aula Akademi Keperawatan Malahayati Medan.

Perawatan kaki merupakan upaya pencegahan primer terjadinya luka pada kaki diabetes. Salah satu tindakan yang harus dilakukan dalam perawatan kaki untuk mengetahui adanya kelainan kaki secara dini adalah dengan melakukan senam kaki diabetes, disamping memotong kuku yang benar, pemakaian alas kaki yang baik, dan menjaga kebersihan kaki.

Diabetes Mellitus (DM) menjadi salah satu masalah kesehatan yang besar. International Diabetes Federation (IDF) memprediksi peningkatan DM di Indonesia dari 9,1 juta pada tahun 2014 menjadi 14,1 juta pada tahun 2035. Selain itu, World Health Organization (WHO) menyatakan pada tahun 2000 jumlah pengidap DM di dunia yang berumur di atas 20 tahun berjumlah 150 juta orang dan dalam kurun waktu 25 tahun kemudian, pada tahun 2025 jumlah pengidap DM akan membengkak menjadi 300 juta orang.

Ketika seseorang sudah terkena Diabetes Mellitus, maka hal yang dapat dilakukan adalah mencegah komplikasi penyakit vaskuler perifer dan neuropati diabetik dengan memperbaiki sirkulasi darah pada kaki. Pada pasien diabetes penurunan sirkulasi darah perifer disebabkan oleh insufisiensi insulin, sehingga terjadi gangguan-gangguan berupa penimbunan sorbitol, hiperlipoproteinemia dan kelainan pembekuan darah yang akhirnya menyebabkan komplikasi penyakit vaskuler perifer dan neuropati diabetik.

Pada kegiatan ini para mahasiswa langsung melakukan praktek terapi untuk memperlancar aliran darah Spa Kaki Diabetik secara menyeluruh. Dengan adanya kulliah umum ini diharapkan para mahasiswa memahami serta mampu melalukan spa kaki dengan benar sebagai bekal menjadi seorang tenaga kesehatan yang baik dan berkompetensi di bidangnya.

BERITA LAINNYA

Pengunjung Hari inia Sunday : 46 Pengunjung
Total Pengunjung : 99882 Pengunjung

iew: 2, minView: 2, forceParse: 0 });